NUFFNANG

Sunday, April 08, 2018

MENYANGKAL DIRI DENGAN PUASA SIRI 3

Sambungan siri 2

MATIUS 6 : 16
16  "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. AKU berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

YESUS mengajarkan berpuasa yang tepat dan benar, selain itu membuktikan bahwa berpuasa tidak hanya berlaku pada masa Perjanjian Lama, tapi juga masih berlaku pada masa Perjanjian Baru hingga sekarang.

Dikatakan oleh YESUS: “...dan apabila kamu berpuasa...” ini berarti orang Kristen harus berpuasa. Jadi jika ada orang yang mengatakan bahwa orang Kristen tidak perlu puasa, berarti ia tidak menerima apa yang dikatakan Firman TUHAN. Selanjutnya YESUS mengajarkan jika kita berpuasa, jangan kita melakukannya seperti cara berpuasa yang dilakukan oleh orang-orang Farisi yang munafik.

Ketika berpuasa mereka mengubah air mukanya dengan tujuan agar orang lain melihat bahwa ia sedang berpuasa. Sehingga banyak orang yang memuji dan menganggapnya  lebih rohani, dll. Akhirnya tujuan mereka berpuasa bukan untuk memuliakan nama TUHAN dan menyalibkan kedagingan, tetapi malah untuk mencari pujian dan kepuasan diri sendiri. Hal ini tidak boleh dilakukan oleh anak-anak TUHAN yang sungguh-sungguh ingin melakukan Firman-NYA. 

Bersambung ke Matius ...........

NUFFNANG